Destinasi-destinasi Wisata Ter-Ideal Saat Winter di Jepang

3 Comments

Liburan saat matahari sedang hangat ketika summer ataupun spring sudah biasa banget ya apalagi kita tinggal di negara tropis dengan sinar matahari yang kadang sampai luber-luberan. Pengin deh liburan yang nggak biasa dan menuntut untuk beradaptasi dengan suhu serta cuaca yang kita, eh saya sama sekali belum pernah mencobanya. Wah, bakalan seru dan menantang niy jika liburan saat musim dingin. Salah satu musim yang tak dimiliki Indonesia. Woaaah, udah terbayang gimana serunya rebahan di atas hamparan salju sambil maen lempar-lemparan bola salju. Oke oke oke fixed bahwa liburan kali ini adalah mendekap winter (apa banget coba).
Well, the season checked, what about the destination? Pekerjaan maha penting berikutnya adalah menentukan destinasi liburan yang pastinya harus punya salju dan tentunya sesuai dengan budget. Nah nah nah, pas banget Tokyo Rail Days Indonesia sedang ada promo untuk destinasi wisata ke Jepang, tapi saya maunya yang gratis saja karena Tokyo Rail Days Indonesia dan Bblog ID akan mewujudkannya utuk saya. Ya itu juga kalau saya menang lomba blog My Ideal Winter Vacation siy, ehhehe (*nyengir cantiiik). Info lengkap tentang Tokyo Rail Days dan juga JR-East dianjurkan banget untuk cek di website dan facebooknya ya. Monggo:

Tokyo Rail Days : Web : www.jp-rail-id.com
Facebok: www.facebook.com/id.jprail
JR-East : Web: www.jreast.co.jp

Kenapa harus Tokyo Rail Days Indonesia?
Jepang itu surganya kereta canggih, dan Tokyo Rail Days merupakan salah satu agen perjalanan terbesar di Jepang yang menawarkan kecanggihan serta kenyamanan itu kepada wisatawan sesuai dengan slogannya “Easy Buy. Easy Try. Easy Go” yang artinya dengan Tokyo Rail Days Indonesia tiket kereta sangat easy to buy karena reservasi tiket dapat dilakukan di Indonesia bahkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ke Jepang, very very very convenient and we can easily enjoy the journey. Sooo stress free. Artinya lagi apa? Akses menuju setiap destinasi wisata impian kita eh saya, akan menjadi semakin lebih mudah dan nyaman tanpa beban bingung beli tiket kereta lagi dong. Bahkan ada tour guide juga lho kalau kita menginginkannya. Yuk deh diklik lagi websitenya biar paham sampai maksimal, mampir ke facebooknya lagi juga boleh kok, malah dianjurkan banget.

Terus kalau JR-East?

JR-East itu kependekan dari East Japan Railway Company, merupakan salah satu perusahaan yang menggawangi perkereta-apian di Jepang khususnya bagian Timur. Dan Tokyo Rail Days adalah salah satu anak perusahaan dari JR-East Company. Sekarang sudah paham tentang Tokyo Rail Days dan juga JR-East Company? Kalau belum silakan mampir ke web JR-East dan juga facebooknya.
Bukan Jepang namanya bila tak sanggup memanjakan para pengunjungnya. Rasanya pengin deh semua tempat di Jepang dijamah oleh kaki ini dengan sebenar-benarnya terlebih ada Tokyo Rail Days yang memudahkan segalanya. Jepang adalah negara modern, jadi urusan lalu lintas dan perhubungan baik udara, darat, maupun air sudah serba praktis dan tak perlu bayar lalu minta kembalian di tempat yaaa. Semua urusan pembayaran sudah terangkum dan dikemas cantik dalam kartu/ tiket. Untuk visitor, ada banyak pilihan kartu berdasarkan berapa hari penggunaan. Kartu ini ada yang khusus untuk subway saja, atau kereta saja ada juga yang berfungsi mengcover seluruh akomodasi baik bus, kereta ataupun subway dalam satu kartu pintar. Dan ternyata JR-East menyediakan si smartcards yang dapat digunakan hampir seluruh stasiun, subway maupun busway. Cara penggunaannya pun praktis, tinggal scan kartu di gerbang masuk setiap stasiun atau busway atau subway dan Jepang pun siap menyambut Anda kehangatan.

Ada lagi yang namanya Japan Rail Pass yang merupakan pass card khusus untuk wisatawan asing. Japan Rail Pass ini berlaku untuk kereta saja dan pembelian pun hanya bisa dilakukan secara online. Tak perlu pusing, Tokyo Rail Days Indonesia menyediakannya lho. So, are you ready for the vacation? Here are things to do in Japan:

1. Gala Yuzawa Snow Resort

And this should be the most awesome destination and experience in Japan while winter vacation. Main salju di Gala Yuzawa Resort. Tahu nggak siy bahwa hanya butuh waktu 77 menit dari stasiun Tokyo menuju Gala Yuzawa. Tahu juga nggak siy bahwa Gala Yuzawa adalah satu-satunya snow resort yang memiliki akses langsung dengan stasiun Shinkansen? Tahu juga nggak siy bahwa Gala Yuzawa itu surganya para pecinta ski yang stasiun gondolanya berada di satu bangunan dengan stasiun kereta? Heiiiiii, what an awesome snowy wonderland.

Gala Yuzawa Skimap www.skimap.org

Gala Yuzawa Skimap
http://www.skimap.org

Woaaah, nggak perlu mikir lama deh untuk memilih Gala Yuzawa Resort untuk menghabiskan hari bermain ski dan salju, selain memiliki slope yang sangat luas, Gala Yuzawa juga tempat bermain salju sekaligus ski center yang kid-friendly banget karena dilengkapi dengan fasilitas untuk anak-anak. Ini niy fasilitas jor-joran Gala Yuzawa Resort:

  • Spa Gala No-Yu
  • Rental Counter
  • Gala Yuzawa Statiion Gate
  • Irori Lounge
  • Ski Pass and Info Counter
  • Men’s locker Room
  • Women’s locker Room
  • Gondola Statiin
  • Shop
  • Cafe Milano
  • Courir Service
  • Restaurant Serambi

Gala Yuzawa memiliki tiga area ski di bagian utara, tengah dan selatan. Untuk saat ini hanya slope Utara dan Tengah yang dipergunakan dnegan masing-masing 6 slope di setiap bagian.

How to get there: Dari Tokyo hanya naik Joetsu shinkansen lalu turun di staiun Gala Yuzawa yang berada di lantai dasar ski center.

2. Museum  Fujiko F. Fujio aka Doraemon Museum di Kawasaki City

Bagi pecinta berat Doraemon maka harus datang ke sini saat ke Jepang. Film kartun legendaris karya Fujiko F. Fujio ini sangat memberikan pengaruh besar bagi saya hingga pernah bercita-cita menjadi kartunis. Ya walaupun tidak terwujud karena mentok di bakat tapi tak apalah karena di museum ini nanti semua karya Fujiko F. Fujio dipamerkan (bukan hanya doraemon saja), jadi saya bisa flash back masa kecil sambil mencoba menggali lagi cita-cita menjadi kartunis, ehhehe. Di museum ini ada banyak sekali hasil coretan tangan Fujiko F. Fujio, selain itu semua detail tentang doraemon ada di sini termasuk pintu ajaib doraemon, rumah doraemon hingga lapangan tempat biasanya Doraemon bersama Nobita, Sisuka, Giant dan Suneo bermain pun ada dan dibuat semirip mungkin dengan yang ada dalam cerita. Pokoknya pengunjung bebas mengeksplore museum sesuka hati. Dilengkapi juga dengan Fujiko cafe yang membuat kita bisa mencoba kue dorayaki favorit Doraemon dan makanan serta minuman lain dengan nuansa Doraemon. Tak perlu khawatir tentang souvenir karena Fujiko F. Fujio museum gift shop menyediakan aksesoris-aksesoris komplit tentang Doraemon dan kartun-kartun karya Fujiko F. Fujio lainnya. Woaaah, gimana saya nggak kepincut akut coba. Nah, Indonesia harusnya punya museum yang iconic seperti ini niy, semacam museum Si Unyil mungkin, iya nggak siy? Lesson 1 learned, Jepang sangat menghargai hasil kerja dan karya. Yang lebih penting lagi mereka tahu betul bagaimana menjaga hasil karya tersebut dengan sebaik-baiknya. Hei, kita harus belajar banyak dari orang-orang Jepang. Setujuuuuu???!!!!

How to get there: Ada bus unyu-unyu bergambar doraemon yang akan menjemput di stasiun Noborito, tapi ada jadwalnya ya dan juga tiket ke Fujio F. Fujiko ga bisa dibeli di tempat jadi harus order ticket dulu di websitenya dan juga tiket belaku berbatas waktu. Bisa juga berjalan kaki kurleb 16 menit dari stasiun Mukougaoka Yuen. Atau bisa juga berjalan kaki kurleb 15 menit dari stasiun Shuku-Gawara.

3. Museum Edo Wonderland Nikko Edomura di Tochigi

edoBerwisata sambil belajar sejarah? Kenapa nggak. Nah, di Edo Wonderlandlah kita bisa mengenal lebih jauh tentang sejarah Jepang. Tempat ini dibuat semirip mungkin dengan kehidupan kota Jepang pada rentang tahun 1603-1868 yaitu selama Periode Edo. Mulai dari gerbang masuk, feel dari budaya dan kehidupan Jepang pada masa lampau seperti dihidupkan kembali. Di Edo Wonderland, restoran dan spot-spot lainnya dibuat seperti pada zaman Edo, pun dengan makanannya. Pengunjung juga bisa merasakan the sensation of being a ninja, yang pakai baju serba hitam terus melempar semacam besi berbentuk bintang, ciyaaaaaaat (ngebayangin kungfu ninja Jepang). Yang mau menjadi samurai, geisha, princess dan karakter-karakter lainnya juga bisa abanget. Sudah disediakan tempat menyewa kostum lho.

How to get there: Dari Tokyo naik Japan Rail ke stasiun Shinjuku lanjut ke stasiun Kinugawa-onsen. Selanjutnya transit dengan Tobu Dial bus kurang lebih 15 menit saja. Sedangkan dari arah Asakusa, naik kereta dari stasiun Asakusa ke Kinugawa-onsen Stasiun lanjut deh dengan bus.

4. Takaragawa Onsen di Osenkanku
Takaragawa Onsen merupakan salah satu pemandian air panas alami terhangat dan terluas di Jepang yang terletak di Osenkanku tak jauh dari Tokyo. Berendam langsung dalam air hangat di musim dingin tentu akan membantu menghangatkan tubuh selain sebagai sarana pijat alami penghilang pegal-linu-encok dan sebagainya *eh. Ada banyak pilihan tempat spa yang ditawarkan di Takaragawa Onsen lho, seperti Osenkaku dan Tonaegawa yang merupakan pemandian air hangat terbuka terbesar di dunia, as you can see, it’s world class. Tak perlu khawatir jika tak ingin mandi bercampur satu area dengan lawan jenis karena di Takaragawa Onsen disediakan pilihan pemandian sesuai keinginan pengunjung, ada Kodakara bath (campur laki-laki dan perempuan), Maya bath (khusus perempuan), Super size bath (laki-laki dan perempuan di kolam terpisah). Takaragawa Onsen ini tempatnya bersih dan terawat dengan baik. Benar saja, Jepang adalah salah satu negara yang sangat aware dengan kebersihan. Terbayang kan yang namanya pemandian air hangat umum yang dikunjungi wisatawan baik domestik maupun luar negeri namun tetap bisa terawat bersih dan no sampah sama sekali yang mojok di sana sini. Kebersihan dan kenyamannanya juara. Lesson 2 learned, Indonesia harus banget belajar bagaimana melestarikan tempat wisata air agar terjaga kebersihan dan kealamiannya. Terutama soal sampah! Kita harus belajar sebanyak-banyaknya. Mungkin sambil tanya-tanya ke petugas bagaimana mereka bisa begitu konsisten menjaga kebersihan dan tidak asal membuang sampah.

How to get there: Dari Narita Airport ke Stasiun Tokyo lalu transit di stasiun Ueno atau bisa juga langsung ke stasiun Takasaki dan berakhir di Stasiun Minakami untuk transit dengan bus ke Takaragawa Onsen.

5. Sapporo Snow Festival

Festival musim dingin di Jepang yang satu ini benar-benar wow. Gimana nggak wow, lawong Sapporo Snow Festival adalah salah satu event terbesar selama winter. Bahkan tercatat adanya peningkatan wisatawan baik turis maupun domestik yang datang dalam festival ini setiap tahunnya, wah tambah wow lagi deh. Festival yang berlangsung selama tujuh hari ini dipenuhi dengan berbagai macam patung raksasa yang terbuat dari salju. Patung-patung itu dibuat persis seperti aslinya, persis sama setiap lekukan-lekukannya dan ini akan membuat saya makin terlihat sip saat ber-selfie ria di sana. Lagi-lagi Jepang berhasil membuat saya mangap cantik. Wow, wow dan wow. Di Sapporo Snow festival, ada beraneka ragam venue yang bisa dikunjungi.

sappooooo

Mulai dari: Odori Site yang mulai buka sejak sunset hingga pukul 10 malam ini merupakan representasi dari Sapporo Snow Festival. Odori Site membentang dari timur hingga ke barat melewati pusat dari Sapporo Snow Festival. Jadi semacam pertunjukan utama dari Sapporo Snow festival gitu.

Tsudome site, buka dari pukul 09.00 samai 17.00 sore. Tsudome sendiri lebih kepada area terbuka yang terdiri dari hamparan luas untuk bersnow slide ria dan juga area snowrafting. Yang nyenengin lagi, ada area untuk anak-anak juga rest area di Tsudome Site.

Susukino Site. Ini niy surganya petunjukan ice sculpture. Pertunjukan ice sculture dan beberapa event lainnya bertempat di Ekimae-dori.

How to get there: Dari Tokyo naik Shinkansen ke stasiun Shin-Aomori lalu naik llimited express ke Hakodate dan terakhir menyambung dengan limited express beikutnya tujuan ke Sapporo.

6. Tea Ceremony at Nishijin Tondaya, Kyoto

tea_ceremony

Ngapain jauh-jauh ke Jepang kalau tidak meluangkan waktu untuk upacara minum teh atau yang biasa disebut dengan the way of tea. Di Indonesia saja sampai ngantri-ngantri demi dapat waktu dan kesempatan yang pas untuk bisa ikut upacara minum teh, nah sudah sampai Jepang harus bisa dong. Langsung dari ahlinya, langsung di negaranya. Oh iya, banyak sekali lho hotel ataupun restoran atau kafe yang menyediakan fasilitas the way of tea ini. Tentunya ada jadwalnya dan juga berbayar alias tidak gratis. Dan pilihan saya untuk menikmati acara minum teh adalah diNishijin Tondaya yang selain menyediakan fasilitas upacara minum teh juga menawarkan cara memakai kimono serta kudapan makan siang tradisional ala Jepang. Tempatnya bersih dan nyaman, bangunannya masih berupa bangunan khas Jepang. Nggak sanggup nolak didandanin cantik terus pakai kimono sambil duduk manis dengan anggun (dan tetep cantiiik) sambil menikmati sesapan demi sesapan. Woaaah, berasa putri Jepang deh saya. Oh iyes, kataya dalam tradisi minum teh, ada aturan tentang bagaimana memegang gelas yang benar bagaimana gesture tubuh saat mengambil gelasnya, juga ada waktunya kapan harus meneguk itu teh. Tapi kurang tahu juga ya boleh nambah apa nggak (ya kali pengin nambah lagi, haus boooook, ehhehee). Daaan, ke sekian kalinya Jepang sangat sukses mempertahankan tradisi minum teh ini dengan baik. Lesson 3 learned: Jepang menjaga nilai-nilai luhur nenek moyang termasuk tradisi peninggalan sejarah. Meski begitu, Jepang tetap meluncur terdepan dengan kecanggihannya. Mangap cantik lagi deh saya. Speechless.

How to get there: Cukup naik taksi kurang lebih 15 menit saja dari stasiun Kyoto.

7. Tokyo Tower di Minato, Tokyo

tokyo tower

photo credit: http://www.123rf.com

Jakarta punya Monas, Paris punya Eifel, maka Tokyo punya Tokyo Tower. Alasan termasuk akal bagi saya kenapa harus ke Tokyo Tower adalah view saat malam di Tokyo tower ini nggak kalah keren dengan Eiffel. Gemerlap cantik. Ada aksen salju berwarna putih di antara riuh lampu yang nampak membuat malam semakin sepurna (ejieeeh). Dan bagi saya, menyusuri malam dengan berjalan kaki di Tokyo tower sambil menikmati hidangan malam saat winter itu sempurna sekali. Cukup dnegan segelas kopi panas atau green tea hangat mungkin. Wah, boleh juga ya sambil incip-incip street food ala Jepang. Yang nggak boleh lupa adalah this is the symbol of Tokyo.

How to get there: Karena Tokyo tower terletak di pusat kota, akses kesanapun mudah dijangkau dari mana saja. Hampir semua stasiun ada akses menuju Tokyo Tower begitupun dengan bus.

8. Gunung Fuji

Ke Jepang tanpa ke Gunung Fuji itu seperti liburan ke kota Malang tapi nggak mampir ke Bromo, sayang banget kan. Gunung Fuji yang merupakan saah satu world heritage ini terkenal dengan keindahannya. Banyak gunung-gunung indah di dunia, Indonesiapun kaya dengan gunung-gunung yang indah tapi kalau gunung yang mempunyai bentuk simetris manis dan bertopi salju dan bisa dijangkau oleh mata telanjang dari kejauhan, itu jarang sekali saudara-saudara. Dan itu hanya ada di Jepang, yep, di gunung Fuji. View paling bagus untuk melihat gunung Fuji adalah dari Danau Fuji Five di kaki gunung Fuji bagian utara atau Hakone. Here’s the real Japan. Gunugn Fuji dirawat dan dijaga dengan sangat baik oleh penduduknya. As we can see, almost no rubbish lho. Bersih, rapi dan terawat.

How to get there: Naik Shinkansen dari Tokyo tujuanNagoya, Kyoto dan Osaka. Lalu dari Odawara dengan Japan Rail Pass. Dari sini pindah ke kereta lokal atau bus tujuan Hakone. Ohiya, best view dari gunung Fuji ini bisa dinikmati di sisi sebelah kanan kereta sejak dari stasiun Shin-Fuji selama kurang lebih 40-45 menit. Wow kan.

9. Japanese Winter Food

www.dinnerwithweijia.com

yosenabe aka Japanese hot pot http://www.dinnerwithweijia.com

Jalan-jalan alias liburan itu selalu sepaket dengan kulineran. Apalagi saat cuaca sedang dingin yang tak henti-hentinya mengundang para cacing di perut memberontak dengan cantiknya (kalau cowok tampan kali yaaaa *abaikan). Sedang di Jepang, sedang musim dingin pula, mencoba yang pedas, panas, dan berkuah serta otentik dan identik banget dengan Jepang adalah suatu keharusan. Dari sekian banyaknya aneka jenis makanan khas Jepang, pilihan nomor wahid saya jatuh kepada nabe yaitu beraneka makanan Jepang yang disajikan panas dalam mangkok besar (hot pot) dan konon katanya ini adalah makanan favorit orang Jepang saat winter. Ada yosenabe, mizutaki, udon, dan tentunya ramen yang nggak asing lagi di telinga saya. Yang saya suka dari makanan Jepang adalah komplit dan seimbangnya gizi yang dibutuhkan tubuh dalam satu porsi makan. As you can see, yosenabe terdiri dari beraneka macam sayur dan juga ikan. Mizutaki pun hampir sama, dipenuhi sayuran juga ayam. Dan satu lagi, kebanyakan makanan mereka diolah dengan cara direbus yang tentu lebih sehat dibandingkan jika diolah dengan cara digoreng. What a healthy life stye. Pantas saja orang Jepang sehat-sehat dan banyak yang tetap bugar hingga usia senja. Kuncinya adalah makan makanan sehat.

10. Harajuku Takeshita-Dori di Shibuya, Tokyo

ha

Takeshita Dori aka Harajuku Street

Siapa yang tak kenal harajuku, siapa yang nggak penasaran dan pengen mingle cantik di pedestriannya harajuku community (saya sebut gitu aja ya). Gimana nggak, lawong Harajuku Takeshita-Dori ini adalah surganya fashion paraa pemuda pemudi Jepang yang menghebohkan dunia dengan Harajuku Style mereke. Dan Harajuku style ini mendunia dengan pesatnya hingga sekarang, hingga ke Indonesia juga. Saya termasuk yang mengapresiasi kekreatifan dalam hal fashion ini. Di Harajuku Takeshhita-Dori ini ada banyak butik-butik juga lho. Jadi setelah puas mengamati beraneka rupa Harajuku style dari para pemuda pemudi Jepang yang bermingle ria di sana, selanjutnya adalah berburu fashion untuk di mix and match agar setidaknya mirip dengan gaya-gaya harajuku. Bisa juga belanja untuk oleh-oleh kan?

How to get there: Cukup berjalan kaki dari stasiun Harajuku saja.

Honestly, belum puas karena masih banyak tempat-tempat cantik yang menunggu dan menantang untuk dieksplor di Jepang.

info lengkap Gala Yuzawa

Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. Jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang.

Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi:

Website resmi:          http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/

Facebook page:       https://www.facebook.com/id.jprail

imagesposter2poster[berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M. a bogger [4]]

gala


berpartisipasi dalam “My Ideal Japanese Winter Vacation” Blog Competition [6]
JR East (Tokyo Rail Days) Official Website

Advertisements

3 thoughts on “Destinasi-destinasi Wisata Ter-Ideal Saat Winter di Jepang

  1. Foto skii -nya bikin mupeng Mak

    Like

  2. Jepang memang memesona, terutama keindahan alamnya 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s